cover
Contact Name
Dede Permana
Contact Email
belaindika@nusaputra.ac.id
Phone
+6285333566610
Journal Mail Official
belaindika@nusaputra.ac.id
Editorial Address
Nusa Putra University Jl. Raya Cisaat No. 21 Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan)
Published by Universitas Nusa Putra
ISSN : 26863634     EISSN : 2686049X     DOI : -
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas orinnovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education sector which is able to make a positive contribution to the schools and educational institutions the focus of this journal. Educational Innovation Character Education Education Issues and Policy Special Need Education Educational Technology and Curriculum Educational Management and Leadership Guidance and Counseling Multicultural Education Early-Childhood Education Elementary Education Non-Formal Education Educational Psychology Teaching and Learning Education Assessment and Evaluation
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 3 (2023): Jurnal BELAINDIKA" : 5 Documents clear
Implementasi Nilai Pancasila dalam Etika Komunikasi pada Calon Guru Profesional sebagai Fasilitator Natalia Syafitri Br Marpaung; Syafruddin Pohan; Adelina Br Marpaung; Anna Safitri
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 5 No 3 (2023): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/belaindika.v5i2.122

Abstract

Discussion related to communication ethichs is very urgent in determining the wight and quality of a communication or interaction process carried out both individually and by the people of a nation. This paper examines the related procedural dan substantial values that underlie the ethics of Indonesian communication based on Pancasila. This paper is purely a literature study with qualitative methods where the main data source is obtained from books or literature that discussed the value of Pancasila. therefore, this study is expected can inspire Indonesian peple to build a civilized communication style in the face of changing times which is effected by the communication media industry revolution.
Strategi Pembelajaran dan Konsep Link & Match Terhadap Kompetensi Lulusan Mahasiswa di Perguruan Tinggi STKIP Hunimua Bula Ifan Irfan Nugraha
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 5 No 3 (2023): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/belaindika.v5i3.123

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Sekolah Keguruan dan Ilmu Pendidikan Hunimua untuk mengetahui : strategi pembelajaran, konsep link and match dan kompetensi lulusan, serta mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap kompetensi lulusan, konsep link and match terhadap kompetensi lulusan dan pengaruh strategi pembelajaran. dan konsep link and match terhadap kompetensi lulusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian survei yang bersifat deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitiannya adalah mahasiswa Sekolah Keguruan dan Ilmu Pendidikan Hunimua sebanyak 67 responden. Untuk menguji hipotesis digunakan uji korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan menggunakan software SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran sebesar 76,1% termasuk baik. Konsep link and match 67,3% cukup baik dan kompetensi lulusan 76,6% baik. Pengaruh strategi pembelajaran dan konsep link and match terhadap kompetensi lulusan Sekolah Keguruan dan Ilmu Pendidikan Hunimua sebesar 87,1%.
Manajemen Peserta Didik sebagai Sarana dalam Mencapai Keberhasilan Tujuan Pendidikan Yassir Lana Amrona; Abid Nurhuda; Anas Assajad; Anggi Ariska Putri; Anastasia Anastasia
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 5 No 3 (2023): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/belaindika.v5i3.124

Abstract

Kualitas pendidikan yang baik selalu diusahakan dengan berbagai cara untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien sehingga mencerminkan keberhasilan dari program pendidikan tersebut. Dan salah satu caranya adalah dengan melakukan manajemen peserta didik, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait Manajemen Peserta Didik Sebagai Sarana Dalam Mencapai Keberhasilan Tujuan Pendidikan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan model pendekatan studi pustaka saat pengumpulan data, kemudian dianalisis isinya dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peserta didik adalah bagian integral dari sistem pendidikan yang memiliki tujuan dan fungsi yang kompleks. Hal tersebut karena ia mencakup berbagai aspek seperti perencanaan, penerimaan peserta didik baru, pengembangan kemampuan individual maupun sosial peserta didik, serta pengawasan dan pembinaan disiplin. Dan semua itu bertujuan untuk mengatur kegiatan peserta didik agar mendukung proses pembelajaran di sekolah, sekaligus memegang prinsip bahwa peserta didik harus diperlakukan sebagai subjek aktif sehingga pendekatan yang digunakan bisa bersifat kuantitatif, kualitatif, ataupun terpadu tergantung pada tujuan dan karakteristik dari pada peserta didik itu sendiri. Maka manajemen peserta didik menjadi elemen penting yang mendukung kesuksesan dalam pendidikan sehingga berperan, berfokus serta mengutamakan pada perkembangan pribadi, sosial, non akademik dan akademik peserta didik.
Exploring Metaverse Integration in Education: A Case Study on Vocational School Teachers Samsul Pahmi; Anggy Pradiftha Junfithrana; Edi Supriyadi
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 5 No 3 (2023): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/belaindika.v5i3.125

Abstract

The metaverse, gaining attention especially in education, holds the potential to transform traditional teaching methods and improve educational outcomes by creating immersive learning environments. This study, focusing on integrating the metaverse into mathematics education at SMK Hasina in Sukabumi, Indonesia, reveals insights through a qualitative case study. Educators showed varied understanding levels influenced by interest and technological backgrounds. Acknowledging the metaverse's potential, educators affirm its ability to enhance interaction and accessibility in education. Recommendations propose extensive educator training and integration methods for the metaverse, emphasizing its promise in engaging students and reshaping teaching methodologies for diverse learning styles. While it promises dynamic learning experiences and global collaborations, comprehensive research is needed to understand its full potential and challenges. Educator education and broader involvement are vital for effective integration into educational settings, enhancing outcomes and inclusivity in learning.
Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Hidarya Ia; Lia Febriliana
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 5 No 3 (2023): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/belaindika.v5i3.128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survei dengan teknik korelasional dan regresi. Sampel yang digunakan dari populasi terjangkau diambil 80 sampel penelitian menggunakan proposional random sampling dari kelas IX MTs swasta di Kabupaten Sukabumi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian tes dan penyebaran kuesioner. Analisis data terdiri dari pengujian instrument penelitian dengan uji validitas, reliabilitas. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Juni 2023. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa MTs Swasta di kabupaten Sukabumi. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa MTs Swasta di kabupaten Sukabumi. 3) Terdapat pengaruh yang Signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa MTs Swasta di kabupaten Sukabumi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5